Minggu, 24 November 2013

Gambaran Soal UH 3 Sejarah XII IPS

  1. Jelaskan aksi sepihak yang dilakukan oleh PKI!
  2. Deskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan tampilnya Angkatan Darat dan PKI sebagai kekuatan politik di Indonesia menjelang akhir Orde Lama!
  3. Beberapa isu sensitif yang turut menjadi penyebab peristiwa G30S terjadi adalah gagasan pembentukan Angkatan Kelima dan isu adanya Dewan Jenderal. Uraikan apa yang kamu ketahui mengenai kedua hal tersebut!
  4. Tragedi kemanusiaan tahun 1965, yang dikenal dengan beberapa nama seperti G30S, Gestapu, dan Gestok, mencoreng sejarah bangsa dan menyisakan luka yang mendalam bagi rakyat Indonesia karena memakan banyak korban. Beberapa korban tersebut adalah para pimpinan teras Angkatan Darat yang kemudian dinaikkan pangkatnya (secara anumerta) menjadi pahlawan revolusi. Tuliskan nama-nama perwira Angkatan Darat yang diculik dan menjadi korban peristiwa tersebut!
  5. Ketidakpuasan rakyat dilampiaskan dengan timbulnya banyak demonstrasi. Dalam berbagai macam aksi yang dilakukan tersebut, rakyat menuntut beberapa hal kepada pemerintah. Tuntutan tersebut dikenal dengan Tritura, tuliskan isi Tritura!
  6. Uraikan apa yang dimaksud dengan Supersemar!
  7. Menjelang berakhirnya era kepemimpinan Orde Lama, Soekarno menguraikan laporan pertanggungjawabannya dalam bentuk amanat Nawaksara. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pidato Soekarno yang dikenal dengan amanat Nawaksara tersebut!
  8. Jelaskan penataan kehidupan ekonomi yang dilakukan oleh Orde Baru!
  9. Dalam beberapa literatur, akhir hayat Soekarno diuraikan begitu mengharukan, mulai dari pengucilan yang dilakukan padanya sampai perawatan penyakitnya yang hanya diurus oleh seorang Dokter Hewan saja. Seakan-akan penguasa saat itu ingin membunuhnya dengan perlahan-lahan. Berikan pendapatmu dengan panjang lebar mengenai hal tersebut!
  10. Saat Orde Baru berkuasa, tepatnya tahun 1973, terjadi fusi partai politik. Uraikan apa yang dimaksud dengan fusi beserta tujuannya!
  11. Jelaskan apa itu P4 dan tujuannya!
  12. Deskripsikan alasan pemerintah Indonesia kembali menjadi anggota PBB!
  13. Deskripsikan perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia!
  14. Jelaskan perkembangan IPTEK di masa Orde Baru!
  15. Uraikan terjadinya peristiwa Deklarasi Ciganjur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar