KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP
MADRASAH ALIYAH PROVINSI DKI JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Sejarah
Penyusun
Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XI IPA
Jumlah
/ Bentuk Soal : 15 / Pilihan Ganda dan 7 / Uraian
Kurikulum Acuan : KTSP
Alokasi Waktu : 90 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
No. Soal
|
2.
Merekonstruksi perjuangan
bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi
hingga lahirnya Orde Baru
|
2.1
Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga
Demokrasi Terpimpin
|
Proklamasi Kemerdekaan
dan Lahirnya Negara Republik Indonesia
|
Peserta didik
dapat
menjelaskan berbagai macam peristiwa yang
terjadi sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
C2
|
1 (PG)
|
Peserta didik
dapat
menguraikan proses terjadinya Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
C1
|
2, 3 (PG),
dan 1 (U)
|
|||
Peserta didik
dapat
mendeskripsikan berbagai perubahan dan
revolusi sosial pada masa awal kemerdekaan
|
C2
|
4 (PG),
dan 2 (U)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis keadaan ekonomi Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
C4
|
5 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis keadaan sosial budaya Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
C4
|
6 (PG)
|
|||
Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
|
Peserta didik diharapkan dapat mengientifikasi jenis-jenis perjuangan Indonesia melawan Kolonial
Belanda
|
C1
|
7 (PG)
|
||
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan perjuangan-perjuangan bersenjata di berbagai daerah
|
C2
|
8 (PG),
dan 3 (U)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai perjanjian dan kesepakatan antara
Indonesia dan Belanda
|
C1
|
9, 10
|
|||
2.2
Menganalisis
pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
|
Kehidupan Masyarakat
Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
|
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan sisi positif dan negatif dari
adanya sistem multipartai
|
C2
|
11 (PG),
dan 4 (U)
|
|
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan kabinet yang berkuasa pada masa demokrasi parlementer dan kebijakan yang
dikeluarkannya
|
C2
|
12, 13,
14 (PG),
dan 5, 6 (U)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menentukan berbagai jenis pemberontakan pada masa awal kemerdekaan
|
C1
|
15 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan tokoh-tokoh pergerakan pemberontakan dan kebangsaan
|
C1
|
7 (U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar