KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN MADRASAH
MA DKI JAKARTA
TAHUN 2013/2014
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Waktu : 120 Menit
Jumlah Soal :
50 PG
Standar Kompetensi Lulusan
(SKL)
|
Kompetensi yang diuji
|
Materi
|
Bahan Kelas
|
Indikator
|
Tahapan Berfikir
|
Nomor soal
|
Bentuk Soal
|
1. Menjelaskan sosiologi
sebagai kajian hubungan
masyarakat
|
·
Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat
-
Ciri-ciri
sosiologi
-
Metode-metode dalam
sosiologi
·
Permasalahan sosial atau pemecahan masalah sosial.
|
Sosiologi sebagai ilmu
|
X/1
X/1
X/1
|
Disajikan
ciri-ciri suatu ilmu, siswa dapat menentukan ciri-ciri ilmu
sosiologi(empiris,non etis,...,...)
Disajikan peristiwa tentang
gejala-gejala kehidupan sosial di salah satu masyarakat, siswa dapat
menentukan metode berdasarkan ilmu sosiologi
Disajikan beberapa(4) contoh kasus
dalam masyarakat ,siswa dapat menentukan (2) yang tergolong dalam kategori
permasalahan sosial
|
C3
C3
C3
|
1
2
3
|
PG
PG
PG
|
2. Mendeskripsikan nilai,norma dan sosialisasi
|
· Nilai dan norma sosial
- Jenis-jenis nilai
dan norma sosial
· Keteraturan
dan tertib sosial
|
Nilai Sosial
Norma sosial
Keteraturan sosial
|
X/1
X/1
X/1
X/1
|
Disajikan contoh pelaksanaan nilai
sosial,siswa dapat menentukan contoh tersebut merupakan salah satu jenis-jenis
nilai
Disajikan contoh pelaksanaan nilai
sosial,siswa dapat menyimpulkan contoh tersebut merupakan fungsi nilai
Disajikan
contoh norma sosial beserta sanksinya, siswa dapat menyimpulkan contoh
tersebut merupakan norma tertentu
Disajikan
contoh kondisi sosial tertentu, siswa dapat menyimpulkan kondisi tersebut
merupakan keteraturan/ketertiban sosial (pilih salah satu)
|
C3
C2
C2
C2
|
4
5
6
7
|
PG
PG
PG
PG
|
|
· Sosialisasi
-
Menjelaskan fungsi atau tujuan sosialisasi.
-
Mengidentifikasi berbagai bentuk media sosialisasi.
|
Sosialisasi
|
X/1
|
Disajikan deskripsi tentang
sosialisasi,siswa dapat menentukan tujuan sosialisasi bagi kehidupan sosial
individu dalam masyarakat
Disajikan contoh sosialisasi dalam
masyarakat tertentu,siswa dapat menentukan
bentuk sosialisasi primer/sekunder
Disajikan contoh sosialisasi dalam
masyarakat tertentu,siswa dapat menentukan media/agen sosialisasi
|
C3
C3
C3
|
8
9
10
|
PG
PG
PG
|
3.
Mendeskripsikan
interaksi
sosial dan bentuk-bentuknya
|
· Interaksi social
- Proses interaksi social
- Syarat terjadinya interaksi sosial
- Bentuk-bentuk interaksi
sosial
-
Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
|
Interaksi sosial
|
X/1
|
Disajikan
contoh kasus, siswa dapat menunjukkan terjadinya interaksi sosial
Disajikan gejala hubungan sosial,siswa
dapat mengidentifikasi bentuk/sifat/syarat terjadinya interaksi sosial
tersebut
Disajikan contoh interaksi sosial pada
masyarakat,siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi
sosial
|
C2
C2
C2
|
11
12
13
|
PG
PG
PG
|
4.
Mendeskripsikan penyimpangan dan
pengendalian sosial
|
· Perilaku menyimpang
- Terjadinya perilaku
menyimpang sebagai akibat sosialisasi tidak sempurna
- Berbagai jenis perilaku
menyimpang
· Pengendalian sosial
- Fungsi pengendalian sosial
- Peran lembaga pengendalian
sosial
- Sifat dan cara pengendalian
|
Perilaku menyimpang
Pengendalian sosial
|
X/1
X/1
|
Disajikan
sebuah kasus, siswa dapat menyimpulkan bahwa kasus tersebut termasuk perilaku
menyimpang dengan alasan tertentu
Disajikan
contoh penyimpangan sosial, siswa dapat menentukan sifat/jenis dari
penyimpangan tersebut (pilih salah satu)
Disajikan
sebuah kasus, siswa dapat menganalisis fungsi pengendalian sosial dari kasus
tersebut
Disajikan
kasus tertentu, siswa dapat menganalisis peran lembaga pengendalian sosial
tertentu apabila tidak berfungsi
Disajikan
kasus tertentu, siswa dapat menentukan cara/sifat (pilih salah satu)
pengendalian sosialnya
|
C4
C3
C4
C4
C3
|
14
15
16
17
18
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
5. Menganalisis
struktur sosial,konflik sosial dan
mobiltas sosial
|
· Stratifikasi sosial
-
Dasar pelapisan/stratifikasi sosial
-
Bentuk-bentuk stratifikasi sosial
· Diferensiasi sosial dengan parameter agama,
etnik dan ras, profesi, serta gender
· Konflik sosial
-
Faktor penyebab konflik sosial
-
Bentuk-bentuk konflik sosial
· Upaya mengatasi konflik (bentuk-bentuk
akomodasi)
· Pengaruh interseksi dan konsolidasi terhadap
integrasi sosial
· Mobilitas sosial
- Faktor penyebab
terjadinya mobilitas sosial
- Bentuk-bentuk
mobilitas sosial
- Saluran mobilitas
sosial
|
Struktur sosial
Konflik sosial
Mobilitas sosial
|
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
|
Disajikan skema/gambar stratifikasi
sosial tertentu dan disertai keterangan.siswa dapat mengidentifikasi
parameter(sesuatu yang dihargai)nya
Disajikan gambar struktur sosial
vertikal(piramida sosial)masyarakat tertentu,siswa dapat menjelaskan
bentuk/ciri/sifat pelapisannya
Disajikan skema/gambar struktur
majemuk dengan parameter tertentu,siswa dapat menjelaskan bentuknya (interseksi/konsolidasi)
Disajikan
contoh perbedaan (diferensiasi) dalam hal tertentu, siswa dapat menyimpulkan
faktor yang membedakan/kesetaraannya (pilih salah satu)
Disajikan
5 pernyataan yang menunjukan ciri-ciri fisik suatu ras,siswa dapat menunjukan
3 diataranya yang termasuk ciri fisik salah satu ras tersebut
Disajikan contoh proses
terjadinya konflik sosial dalam masyarakat,siswa dapat mengidentifikasi
faktor penyebab konflik tersebuat
Disajikan
sebuah kasus, siswa dapat menggolongkan bentuk konflik dalam kasus tersebut
Disajikan
contoh konflik tertentu, siswa dapat menganalisis bentuk penyelesaian konflik(akomodasi)
Disajikan
sebuah bagan/contoh perbedaan sosial, siswa dapat menentukan proses
interseksi/konsolidasi sosial berdasarkan parameternya
Disajikan
contoh mobilitas sosial, siswa dapat menunjukkan faktor penyebab/pembeda
dengan mobilitas geografis/demografis
Disajikan
contoh mobilitas sosial, siswa dapat menentukan sifat/bentuk mobilitas
sosialnya (pilih salah satu)
Disajikan contoh mobilitas sosial, siswa
dapat menentukan bentuk saluran mobilitas yang digunakan
|
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C3
C4
C3
C2
C3
C3
|
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
6. Menganalisis
kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
· Keragaman kelompok sosial meliputi :
- Faktor yang
mendasari terjadinya kelompok sosial
- Bentuk-bentuk
kelompok sosial : komunitas, kerumunan, dan masyarakat (paguyuban dan
patembayan)
· Analisis terhadap kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural meliputi:
- Ciri-ciri
masyarakat multikultural
- Sebab
terjadinya multikulturalisme
- Perilaku dalam masyarakat
multikultural
|
Kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
Perkembangan kelompok dalam masyarakat
multikultural
|
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
X/2
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan
kelompok sosial
Disajikan contoh proses terbentuknya
kelompok dalam dalam masyarakat,siswa dapat menjelaskan faktor ikatan sosial
yang mendasari solideritas kelompok tersebut
Disajikan empat gejala ciri hubungan
sosial dalam masyarakat,siswa dapat mengidentifikasikan yang terdapat dalam
komunitas atau masyarakat paguyuban/patembayan
Disajikan
contoh perbedaan dalam masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi adanya
sifat/ciri-ciri multikultur (pilih salah satu)
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi faktor terjadinya
masyarakat multikultur
Disajikan
contoh kasus tertentu, siswa dapat menunjukkan adanya perilaku tertentu dalam
masyarakat multicultural
Disajikan beberapa gejala hubungan sosial
pada masyarakat multikultural,siswa dapat mengidentifikasi pengaruhnya
terhadap proses integrasi sosial
Disajikan contoh perilaku sosial
primordial antara dua pihak yang berbeda suku atau agama,siswa dapat
mengidentifikasi pengaruhnya bagi masyarakat majemuk
|
C3
C2
C2
C2
C2
C2
C2
C2
|
31
32
33
34
35
36
37
38
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
7. Mendeskripsikan perubahan sosial sosial dan dampaknya
|
· Perubahan sosial meliputi:
- Proses
perubahan sosial
- Bentuk
perubahan sosial
- Faktor
penyebab perubahan sosial
· Dampak perubahan sosial meliputi:
- Dampak
positif (modernisasi, globalisasi, demokratisasi)
- Dampak negatif (westernisasi,
sekularisasi, konsumerisme, hedonisme)
|
Perubahan sosial
Dampak perubahan sosial
|
XI/1
XI/1
|
Disajikan contoh
kasus, siswa dapat
menganalisis proses perubahan sosial
Disajikan sebuah contoh, siswa dapat menentukan bentuk perubahan
sosialnya
Disajikan contoh kasus, siswa dapat mengidentifikasi faktor yang
menyebabkan perubahan sosial
Disajikan contoh, siswa dapat menunjukkan dampak positif dari
modernisasi/globalisasi/demokratisasi (pilih salah satu)
Disajikan deskripsi tentang fenomena sosial,
siswa dapat menunjukan
contoh dampak negatif westernisasi /
sekulerisasi / konsumerisme / hedonisme (pilih salah satu)
|
C4
C3
C2
C2
C2
|
39
40
41
42
43
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
8. Menjelaskan lembaga sosial
|
· Hakikat
lembaga sosial
· Tipe-tipe lembaga sosial
· Peran dan fungsi dari:
- lembaga
keluarga
- lembaga
pendidikan
- lembaga
agama
- lembaga
hukum
- lembaga
ekonomi
-
lembaga politik
|
Lembaga sosial
Tipe-tipe lembaga sosial
Peran dan fungsi lembaga sosial
|
XI/1
XI/1
XI/1
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri pokok lembaga sosial
Disajikan
lembaga social tertentu, siswa dapat menggolongkan tipe lembaga tersebut
Disajikan
contoh fungsi lembaga, siswa dapat menentukan peran salah satu lembaga sosial tertentu
|
C2
C3
C3
|
44
45
46
|
PG
PG
PG
|
9. Mendeskripsikan penelitian sosial
|
· Menyusun rancangan penelitian sosial
· Teknik pengumpulan
data
· Analisis dan
interpretasi hasil penelitian
· Fungsi laporan
penelitian sosial
|
Metode penelitian
Penelitian sederhana
Laporan hasil penelitian
|
XII/2
XII/2
XII/2
XII/2
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat menentukan topik/judul/jenis/sampel
penelitian yang baik berdasarkan pertimbangan tertentu (pilih salah satu)
Disajikan
sebuah realitas social tertentu, siswa dapat mengidentifikasi salah satu
teknik pengumpulan data
Disajikan
sebuah tabel hasil penelitian, siswa dapat menyimpulkan makna data yang ada
dalam tabel
Siswa
dapat menjelaskan fungsi mengkomunikasikan
hasil penelitian sosial
|
C3
C2
C3
C2
|
47
48
49
50
|
PG
PG
PG
PG
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar