KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
GANJIL
MADRASAH ALIYAH PROVINSI DKI JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi : Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XI IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 20
/ Pilihan Ganda dan 10 / Uraian
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu : 120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
No. Soal
|
2.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
2.1.
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Kelompok Sosial
dalam Masyarakat
|
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi hasrat-hasrat yang ada di dalam diri manusia
|
C1
|
1 (PG), dan 1 (U)
|
Diharapkan peserta didik dapat membedakan faktor pembentuk kelompok sosial
|
C2
|
2 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat memberikan definisi berbagai macam bentuk, tipe dan jenis
kebutuhan seseorang
|
C2
|
3 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan faktor yang mempererat hubungan kelompok
|
C1
|
4 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan
karakteristik kelompok sosial
|
C1
|
5 (PG)
|
|||
Diharapkan peserta didik dapat membedakan berbagai macam tipe, bentuk dan jenis kelompok
sosial
|
C2
|
6, 7,
8, 9 (PG)
|
|||
2.2.
Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Masyarakat
Multikultural
|
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi pengertian dan karakteristik masyarakat
multikultural
|
C1
|
10 (PG), dan 5 (U)
|
|
Diharapkan peserta didik dapat membedakan berbagai macam jenis masyarakat multikultural
|
C2
|
11 (PG)
|
|||
peserta didik
diharapkan dapat menyimpulkan
hubungan antara status sosial ekonomi seseorang pada masyarakat tersebut
dengan derajat sosial
|
C2
|
12 (PG)
|
|||
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan perilaku
realitas masyarakat multikultural
|
C3
|
13 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan berbagai macam contoh terkait masyarakat
multikultural
|
C2
|
14, 15, 16, 18 (PG)
|
|||
2.3.
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Masyarakat
Multikultural
|
Peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan berbagai dinamika dalam hubungan antar kelompok
|
C2
|
17 (PG)
|
|
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan tindakan masyarakat majemuk dalam memperkuat
integrasi sosial
|
C3
|
19 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi jenis-jenis dominasi dalam masyarakat
|
C1
|
20 (PG)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi teori-teori tentang kelompok sosial
|
C1
|
2, 3 (U)
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat membedakan
jenis-jenis kelompok sosial yang tidak teratur
|
C2
|
4 (U)
|
|||
Peserta
didik dapat menganalisis definisi
prasangka dan stereotip beserta jenis dan turunannya
|
C4
|
6, 7, 8, 9 (U)
|
|||
Peserta
didik dapat menganalisis
genosida dengan kasus yang relevan
|
C4
|
10 (U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar