Selasa, 27 Mei 2014

Kisi-Kisi UKK Sejarah Kelas XI IPA


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Mata Pelajaran
:
Sejarah
Penyusun Kisi-kisi
:
Tendi, S.Pd
Kelas / Program
:
XI / IPA
Jumlah / Bentuk Soal
:
50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan
:
KTSP
Alokasi Waktu
:
90  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
NO. SOAL
2.    Merekonstruksi perjuangan  bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi  hingga lahirnya Orde Baru
2.1 Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin







1.    Proklamasi Kemerdekaan dan Lahirnya NKRI
Peserta didik  dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa Rengasdengklok
C4
1, dan 2
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan tempat perumusan Proklamasi Indonesia
C3
3
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi prosesi tempat terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan alasan kehadiran para pemuda di tempat tersebut
C1
4, dan 5
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan cara penyebarluasan berita Proklamasi
C1
6
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi proses pendirian Tentara Keamanan Rakyat Indonesia
C1
7
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi revolusi sosial yang terjadi setelah Indonesia merdeka
C2
8, dan 9
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik  diharapkan dapat menentukan faktor-faktor penyebab memburuknya ekonomi Indonesia pada masa awal kemerdekaan
C3
10
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan usaha-usaha pemerintah Indonesia dalam menembus blokade ekonomi Belanda
C3
11
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi sebab dari perkembangan bahasa Indonesia setelah kemerdekaan
C1
12





2.     Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi macam-macam perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
C1
13
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 hal tersebut yang termasuk tugas-tugas AFNEI
C2
14
Peserta didik  dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa pertempuran Surabaya, Bandung Lautan Api, dan pemberontakan PKI Madiun
C4
15, 16, 17, dan 18
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi tokoh yang menjadi pemeran utama dalam kesuksesan Serangan Umum 1 Maret
C1
19
Peserta didik  mampu menganalisis usaha-usaha diplomatik Indonesia dalam forum internasional, dalam perundingan Linggarjati, serta dalam Konferensi Meja Bundar
C4
20, 21, dan 25
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan tujuan pendirian PDRI
C3
22
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan alasan dari sikap Pemerintah Indonesia saat Agresi Militer Belanda II dilaksanakan
C3
23
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan badan internasional yang menangani konflik yang terjadi antara Indonesia dan Belanda          
C3
24


3.     Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan tersebut yang termasuk sisi positif adanya sistem multipartai
C2
26
Peserta didik  dapat menganalisis berbagai macam kebijakan dari berbagai kabinet yang ada pada masa pemerintahan Soekarno
C4
27, 28, 29, 30, dan 31
Peserta didik  dapat menganalisis berbagai gerakan yang mengancam keutuhan negara Republik Indonesia
C4
32, dan 33
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi sisi positif diberlakukannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959
C1
34
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi sisi negatif diberlakukannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959
C1
35
Peserta didik  dapat menganalisis kebijakan Nasakom dan Resopim yang diberlakukan pada masa Soekarno
C4
36, dan 37
2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru

4.    Pemberontakan G30S dan Peralihan Kekuasaan Politik di Indonesia
Peserta didik diharapkan dapat memberikan faktor pendukung tampilnya PKI sebagai kekuatan politik yang disegani
C2
38
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi isu-isu yang berkembang mengenai perseteruan Angkatan Darat dan PKI
C1
39, dan 40
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi sebab utama terjadinya konflik antara Angkatan Darat dan PKI
C1
41
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan pusat aksi ekstrem Gerakan 30 September
C1
42
Peserta didik diharapkan dapat memberikan nama pasukan pelaku Gerakan 30 September
C2
43
Disajikan 5 nama perwira Angkatan Darat, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 nama perwira yang diberikan tersebut yang menjadi korban keganasan G30S 
C2
44
Peserta didik  diharapkan dapat menentukan pengaruh buruk penangkapan para pengikut PKI                     
C3
45
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik  diharapkan dapat menentukan isi Tritura
C3
46
Peserta didik  dapat menganalisis dukungan AD kepada gerakan mahasiswa yang melakukan demonstrasi kepada pemerintahan Soekarno
C4
47
Peserta didik  dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa Supersemar
C4
48, dan 49
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan waktu terjadinya peralihan kekuasaan dari pemerintahan Soekarno kepada Soeharto
C1
50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar