KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran
|
:
|
Sejarah
|
Penyusun Kisi-kisi
|
:
|
Tendi, S.Pd
|
Kelas / Program
|
:
|
XI / IPA
|
Jumlah / Bentuk Soal
|
:
|
50 / Pilihan Ganda
|
Kurikulum Acuan
|
:
|
KTSP
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
90 Menit
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
2. Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
|
2.1 Merekonstruksi
perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin
|
|
1.
Proklamasi Kemerdekaan dan
Lahirnya NKRI
|
Peserta
didik dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa
Rengasdengklok
|
C4
|
1,
dan 2
|
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan tempat perumusan Proklamasi
Indonesia
|
C3
|
3
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi prosesi tempat terjadinya
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan alasan kehadiran para pemuda di tempat
tersebut
|
C1
|
4,
dan 5
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat
menunjukkan
cara penyebarluasan berita Proklamasi
|
C1
|
6
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi proses pendirian Tentara
Keamanan Rakyat Indonesia
|
C1
|
7
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat
mengidentifikasi revolusi sosial yang terjadi setelah Indonesia merdeka
|
C2
|
8,
dan 9
|
||||
Disajikan beberapa
pernyataan, peserta
didik diharapkan
dapat menentukan faktor-faktor penyebab
memburuknya ekonomi Indonesia pada masa awal kemerdekaan
|
C3
|
10
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan usaha-usaha pemerintah
Indonesia dalam menembus blokade ekonomi Belanda
|
C3
|
11
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi
sebab dari
perkembangan bahasa Indonesia setelah kemerdekaan
|
C1
|
12
|
||||
2.
Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
|
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi macam-macam perjuangan bangsa
Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
C1
|
13
|
|||
Disajikan 5 pernyataan,
peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 hal tersebut
yang termasuk tugas-tugas
AFNEI
|
C2
|
14
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa
pertempuran Surabaya, Bandung Lautan Api, dan pemberontakan PKI Madiun
|
C4
|
15,
16, 17, dan 18
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi
tokoh yang menjadi
pemeran utama dalam kesuksesan Serangan Umum 1 Maret
|
C1
|
19
|
||||
Peserta didik mampu menganalisis usaha-usaha diplomatik
Indonesia dalam forum internasional, dalam perundingan Linggarjati, serta
dalam Konferensi Meja Bundar
|
C4
|
20,
21, dan 25
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan tujuan pendirian PDRI
|
C3
|
22
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan alasan dari sikap Pemerintah
Indonesia saat Agresi Militer Belanda II dilaksanakan
|
C3
|
23
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan
badan
internasional yang menangani konflik yang terjadi antara Indonesia dan
Belanda
|
C3
|
24
|
||||
3.
Kehidupan Masyarakat Indonesia
pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
|
Disajikan 5 pernyataan,
peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan tersebut
yang termasuk sisi
positif adanya sistem multipartai
|
C2
|
26
|
|||
Peserta
didik dapat menganalisis berbagai macam kebijakan dari
berbagai kabinet yang ada pada masa pemerintahan Soekarno
|
C4
|
27,
28, 29, 30, dan 31
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis berbagai gerakan yang mengancam
keutuhan negara Republik Indonesia
|
C4
|
32,
dan 33
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi sisi positif diberlakukannya
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
C1
|
34
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi sisi negatif diberlakukannya
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
|
C1
|
35
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis kebijakan Nasakom dan Resopim
yang diberlakukan pada masa Soekarno
|
C4
|
36,
dan 37
|
||||
2.2 Menganalisis pergantian
pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru
|
|
4.
Pemberontakan G30S dan Peralihan
Kekuasaan Politik di Indonesia
|
Peserta didik diharapkan dapat memberikan faktor pendukung tampilnya PKI
sebagai kekuatan politik yang disegani
|
C2
|
38
|
|
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi
isu-isu yang
berkembang mengenai perseteruan Angkatan Darat dan PKI
|
C1
|
39,
dan 40
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi
sebab utama
terjadinya konflik antara Angkatan Darat dan PKI
|
C1
|
41
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat
menunjukkan pusat
aksi ekstrem Gerakan 30 September
|
C1
|
42
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat memberikan nama pasukan pelaku Gerakan 30
September
|
C2
|
43
|
||||
Disajikan 5 nama
perwira Angkatan Darat, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 nama perwira
yang diberikan tersebut yang menjadi
korban keganasan G30S
|
C2
|
44
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menentukan
pengaruh buruk
penangkapan para pengikut PKI
|
C3
|
45
|
||||
Disajikan beberapa
pernyataan, peserta
didik diharapkan
dapat menentukan
isi Tritura
|
C3
|
46
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis dukungan AD kepada gerakan
mahasiswa yang melakukan demonstrasi kepada pemerintahan Soekarno
|
C4
|
47
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis proses terjadinya peristiwa
Supersemar
|
C4
|
48,
dan 49
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat
menunjukkan waktu
terjadinya peralihan kekuasaan dari pemerintahan Soekarno kepada Soeharto
|
C1
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar