Selasa, 27 Mei 2014

Kisi-Kisi UKK Sosiologi Kelas XI IPS


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Mata Pelajaran
:
Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi
:
Tendi, S.Pd
Kelas / Program
:
XI / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal
:
50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan
:
KTSP
Alokasi Waktu
:
120  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
No. Soal
2.   Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural





Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan manusi menjadi makhluk sosial dalam kehidupan
C1
1, dan 2
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi definisi, faktor pembentuk, dan persyaratan menjadi kelompok sosial
C1
3, 4, 9, dan 10
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi teori-teori yang membahas mengenai kelompok sosial
C1
5, 6, 7, dan 8
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Peserta didik diharapkan dapat membedakan macam-macam dan jenis-jenis kelompok sosial beserta contohnya masing-masing
C2
11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, dan 19
Peserta didik diharapkan dapat membedakan macam-macam kelompok sosial menurut teori Durkheim, dan Ferdinand Tonnies beserta contoh nyatanya masing-masing
C2
20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, dan 28
Disajikan contoh, peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan kelompok sosial yang terbentuk karena memiliki kepentingan sama
C2
29
2.3  Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Perkembangan dan Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
Peserta didik diharapkan dapat menentukan makna dasar, pengertian konsep, dan karakteristik multikulturalisme
C3
30, 31, dan 32
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis macam dan jenis masyarakat multikultural beserta contohnya masing-masing
C4
33, 34, dan 35
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis dimensi hubungan antar pribadi dan hubungan antar kelompok
C4
36
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis macam-macam komponen yang membentuk sikap dan karakteristiknya
C4
37, dan 38
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi pengaruh yang diakibatkan adanya masyarakat multikultural
C1
39, dan 41
Disajikan 5 unsur sosial, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 unsur sosial yang termasuk tindakan masyarakat majemuk dalam memperkuat integrasi sosial
C2
40
Peserta didik diharapkan dapat membedakan bentuk-bentuk konfigurasi dalam masyarakat multikultural
C2
42, dan 49
Peserta didik diharapkan dapat menentukan faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu status sosial seseorang
C3
43, dan 47
Disajikan 5 unsur sosial, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 unsur sosial yang termasuk perilaku sesuai dengan realitas sosial majemuk
C2
44, 45, dan 50
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan faktor-faktor penyebab kemajemukan dalam masyarakat
C2
46, dan 48




Ciputat, 25 Mei 2014
Guru Mata Pelajaran Sosiologi



(Tendi, S.Pd)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar