KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran
|
:
|
Sosiologi
|
Penyusun Kisi-kisi
|
:
|
Tendi, S.Pd
|
Kelas / Program
|
:
|
XI
/ IPS Reguler
|
Jumlah / Bentuk Soal
|
:
|
50 / Pilihan Ganda
|
Kurikulum Acuan
|
:
|
KTSP
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
120 Menit
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
No. Soal
|
2. Menganalisis
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
2.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
|
|
Kelompok
Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Peserta didik
diharapkan dapat mengidentifikasi
hal-hal yang menyebabkan manusi menjadi makhluk sosial dalam kehidupan
|
C1
|
1, dan 2
|
Peserta didik
diharapkan dapat mengidentifikasi
definisi, faktor pembentuk, dan persyaratan menjadi kelompok sosial
|
C1
|
3, 4, 9, dan 10
|
||||
Peserta didik
diharapkan dapat mengidentifikasi
teori-teori yang membahas mengenai kelompok sosial
|
C1
|
5, 6, 7, dan 8
|
||||
2.2 Menganalisis perkembangan kelompok sosial
dalam masyarakat multikultural
|
|
Peserta didik
diharapkan dapat membedakan
macam-macam dan jenis-jenis kelompok sosial beserta contohnya masing-masing
|
C2
|
11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18,
dan 19
|
||
Peserta didik
diharapkan dapat membedakan
macam-macam kelompok sosial menurut teori Durkheim, dan Ferdinand Tonnies
beserta contoh nyatanya masing-masing
|
C2
|
20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27,
dan 28
|
||||
Disajikan contoh, peserta didik diharapkan
dapat menyimpulkan kelompok
sosial yang terbentuk karena memiliki kepentingan sama
|
C2
|
29
|
||||
2.3 Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
|
Perkembangan
dan Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Peserta didik diharapkan
dapat menentukan
makna dasar, pengertian konsep, dan karakteristik multikulturalisme
|
C3
|
30, 31, dan 32
|
|
Peserta didik diharapkan
dapat menganalisis
macam dan jenis masyarakat multikultural beserta contohnya masing-masing
|
C4
|
33, 34, dan 35
|
||||
Peserta didik diharapkan
dapat menganalisis
dimensi hubungan antar pribadi dan hubungan antar kelompok
|
C4
|
36
|
||||
Peserta didik diharapkan
dapat menganalisis
macam-macam komponen yang membentuk sikap dan karakteristiknya
|
C4
|
37, dan 38
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
pengaruh yang
diakibatkan adanya masyarakat multikultural
|
C1
|
39, dan 41
|
||||
Disajikan
5 unsur sosial, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 unsur
sosial yang termasuk
tindakan masyarakat majemuk dalam memperkuat integrasi sosial
|
C2
|
40
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat membedakan bentuk-bentuk
konfigurasi dalam masyarakat multikultural
|
C2
|
42, dan 49
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan
faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu status sosial seseorang
|
C3
|
43, dan 47
|
||||
Disajikan
5 unsur sosial, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 unsur
sosial yang termasuk
perilaku sesuai dengan realitas sosial majemuk
|
C2
|
44, 45, dan 50
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan
faktor-faktor penyebab kemajemukan dalam masyarakat
|
C2
|
46, dan 48
|
|
|
Ciputat, 25 Mei 2014
Guru Mata Pelajaran Sosiologi
(Tendi, S.Pd)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar