KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : X / IIS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 10
PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013
Alokasi Waktu :
120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
Mendeskripsikan fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai
gejala sosial yang terjadi di masyarakat
|
Fungsi Sosiologi dalam Mengkaji Gejala Sosial
|
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis
berbagai masalah sosial terkait kependudukan, kejahatan, dan lingkungan hidup
|
C4
|
1, 2, 4 (PG), dan 5 (U)
|
|
Diberikan sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan
dapat menentukan fungsi-fungsi mempelajari Sosiologi
|
C2
|
3 (PG)
|
||||
Disajikan 5 macam sosiologi, peserta didik
diharapkan dapat memilih 3 cabang sosiologi yang tepat
|
C2
|
5 (PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis
perkembangan sosiologi di masa Ibnu Khaldun dan Auguste Comte
|
C4
|
1 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
sejumlah faktor yang mendasari lahirnya Sosiologi
|
C4
|
2 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan
sejumlah hasrat yang dimiliki manusia
|
C4
|
3 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
karakteristik-karakteristik sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
|
C4
|
4 (U)
|
||||
Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami
hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok
|
Hubungan
Sosial dalam Kajian Sosiologi
|
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tahapan
dalam kelompok sosial
|
C4
|
6 (PG)
|
||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
sejumlah sumber informasi yang mendasari seseorang untuk berinteraksi dengan
orang lain
|
C2
|
7 (PG) dan 7 (U)
|
||||
Disajikan sejumlah contoh kasus, peserta didik
diharapkan dapat membedakan macam-macam kontak sosial negatif
|
C3
|
8 (PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
karakteristik interaksi sosial
|
C1
|
9 (PG)
|
||||
Disajikan sebuah kasus interaksi sosial, peserta
didik diharapkan dapat menentukan bentuk interaksi sosial dari kasus tersebut
|
C3
|
10 (PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan
teori-teori perkembangan umat manusia
|
C4
|
6 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menjabarkan syarat
berlangsungnya interaksi sosial
|
C4
|
8 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan
unsur-unsur komunikasi
|
C4
|
9 (U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis
bentuk-bentuk proses sosial dalam interaksi sosial
|
C4
|
10 (U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar