Jumat, 03 Oktober 2014

Kisi-Kisi UTS Sosiologi Kelas XI IPS Semester Ganjil 2014-2015


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                        : Sosiologi                           
Penyusun Kisi-kisi                  : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                      : XI / IPS Reguler              
Jumlah / Bentuk Soal              : 10 PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan                   : KTSP                                    
Alokasi Waktu                        : 120  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
NO. SOAL
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial 
1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan


Bentuk-Bentuk Struktur Sosial dalam Masyarakat
Disajikan gambar, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tipe struktur sosial yang terdapat dalam gambar tersebut
C1
1 (PG)
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tipe-tipe dan wujud diferensiasi sosial
C1
2 dan 3 (PG)
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi dasar stratifikasi sosial dan juga sejumlah sifatnya
C2
4 dan 5 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan perbedaan antara stratifikasi dan diferensiasi sosial
C4
1 (U)
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi 2 bentuk struktur sosial
C3
2 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menguraikan sejumlah klasifikasi/pengelompokkan ras manusia yang ada di dunia
C4
3 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan perbedaan konsep ras dan suku bangsa
C4
4 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjabarkan macam-macam status
C4
5 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjabarkan macam-macam peran
C4
6 (U)

1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat


Konflik Sosial
Peserta didik  diharapkan dapat menunjukkan unsur-unsur konflik sosial
C1
6 (PG)
Disajikan sejumlah pernyataan, peserta didik  diharapkan dapat membedakan 3 prasyarat yang membuat konflik berkembang menjadi kekerasan massal
C2
7 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi sejumlah karaktersitk konflik sosial
C2
8 (PG)
Disajikan 5 contoh kasus konflik sosial, peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan konflik horizontal
C2
9 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan dampak konflik sosial
C2
10 (PG) dan 10 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjabarkan sejumlah faktor yang bisa menyebabkan konflik terjadi
C4
7 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan teori-teori penyebab konflik sosial
C4
8 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menguraikan jenis-jenis konflik sosial menurut James A.F. Stoner dan C. Wankel
C4
9 (U)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar