KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi : Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XI / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 10
PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor
penyebab konflik dan mobilitas sosial
|
1.1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
|
Bentuk-Bentuk
Struktur Sosial dalam Masyarakat
|
Disajikan
gambar, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tipe struktur sosial yang
terdapat dalam gambar tersebut
|
C1
|
1
(PG)
|
Disajikan
5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tipe-tipe dan wujud
diferensiasi sosial
|
C1
|
2
dan 3 (PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi
dasar stratifikasi sosial dan juga sejumlah sifatnya
|
C2
|
4
dan 5 (PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan perbedaan antara stratifikasi dan
diferensiasi sosial
|
C4
|
1
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi 2 bentuk struktur sosial
|
C3
|
2
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menguraikan
sejumlah klasifikasi/pengelompokkan ras manusia yang ada di dunia
|
C4
|
3
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
perbedaan konsep ras dan suku bangsa
|
C4
|
4
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjabarkan
macam-macam status
|
C4
|
5
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjabarkan
macam-macam peran
|
C4
|
6
(U)
|
||||
|
1.2
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
|
Konflik
Sosial
|
Peserta
didik diharapkan
dapat menunjukkan
unsur-unsur konflik sosial
|
C1
|
6
(PG)
|
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan dapat
membedakan 3 prasyarat yang membuat konflik berkembang menjadi kekerasan
massal
|
C2
|
7
(PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi sejumlah karaktersitk konflik sosial
|
C2
|
8
(PG)
|
||||
Disajikan
5 contoh kasus konflik sosial, peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan
konflik horizontal
|
C2
|
9
(PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menyimpulkan dampak konflik sosial
|
C2
|
10
(PG) dan 10 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjabarkan
sejumlah faktor yang bisa menyebabkan konflik terjadi
|
C4
|
7
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
teori-teori penyebab konflik sosial
|
C4
|
8
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menguraikan
jenis-jenis konflik sosial menurut James A.F. Stoner dan C. Wankel
|
C4
|
9
(U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar