Jumat, 03 Oktober 2014

Kisi-Kisi UTS Sejarah Wajib Kelas X IIS Semester Ganjil 2014-2015


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                       : Sejarah Wajib                                                                                                                                                    Penyusun Kisi-kisi                                 : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                      : X / IIS Reguler                                                                                                                                                    Jumlah / Bentuk Soal                                          : 10 PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan                    : Kurikulum 2013                                                                                                                                                 Alokasi Waktu                                                    : 90  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
NO. SOAL

3.1           Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah

4.1           Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis    (diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah


Cara Berfikir dalam mempelajari Sejarah

Disajikan contoh, peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan hukum sebab akibat yang terdapat dalam contoh yang diberikan tersebut
C2
1 (PG)
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi arti penyusunan sejarah secara kronologis
C2
2 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menjelaskan konsep waktu dalam sejarah  
C4
3 (PG)
Peserta didik  diharapkan dapat menganalisis pemahaman dan penulisan sejarah yang berbeda dalam sejarah
C2
4 (PG)
Disajikan pernyataan, peserta didik diharapkan dapat  menyimpulkan tujuan pembatasan waktu dalam sejarah
C1
5 (PG)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan cara berpikir dalam sejarah
C4
1 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjabarkan model-model penulisan sejarah
C4
2 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan konsep kausalitas, kronologi, periodisasi, dan interpretasi dalam sejarah
C4
3, 4, 5 (U)

3.2       Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.3       Menganalisis asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
3.4       Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
4.2       Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.3       Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
4.4       Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis.

Kehidupan Masyarakat Praaksara dan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Disajikan lima pernyataan, peserta didik diharapkan dapat  menunjukkan tiga karakteristik zaman azoikum dari kelima pernyataan tersebut
C1
6 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menentukan macam-macam pembagian zaman neozoikum  
C3
7 (PG)
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat  menentukan 3 karakteristik kehidupan masa bercocok tanam yang tepat dari kelima pernyataan tersebut
C3
8 (PG)
Peserta didik  dapat menganalisis pendapat M. Yamin tentang asal-usul bangsa Indonesia
C4
9 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menentukan ras-ras yang menjadi cikal bakal bangsa dan masyarakat Kepulauan Indonesia
C3
10
Peserta didik  diharapkan dapat menguraikan tahap-tahap perkembangan bumi
C4
6 (U)
Disajikan dua jenis manusia purba, peserta didik diharapkan dapat membedakan jenis-jenis manusia purba tersebut
C2
7 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan sistem kepercayaan asli bangsa Indonesia
C4
8 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan zaman praaksara manusia
C4
9 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menguraikan sejumlah peninggalan budaya zaman batu bangsa Indonesia
C4
10 (U)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar