KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sejarah Wajib Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : X / IIS Reguler Jumlah / Bentuk Soal : 10
PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013 Alokasi Waktu : 90 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
3.1
Memahami
dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan
waktu dalam sejarah
4.1
Menyajikan
informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis (diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu
dalam sejarah
|
Cara
Berfikir dalam mempelajari Sejarah
|
Disajikan contoh, peserta didik diharapkan dapat
menyimpulkan hukum
sebab akibat yang terdapat dalam contoh yang diberikan tersebut
|
C2
|
1
(PG)
|
||
Peserta
didik diharapkan
dapat
mengidentifikasi arti penyusunan sejarah secara kronologis
|
C2
|
2
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan konsep
waktu dalam sejarah
|
C4
|
3
(PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menganalisis
pemahaman dan penulisan sejarah yang berbeda dalam sejarah
|
C2
|
4
(PG)
|
||||
Disajikan pernyataan, peserta didik
diharapkan dapat menyimpulkan tujuan pembatasan waktu dalam
sejarah
|
C1
|
5
(PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
cara berpikir dalam sejarah
|
C4
|
1 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjabarkan
model-model penulisan sejarah
|
C4
|
2 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
konsep kausalitas, kronologi, periodisasi, dan interpretasi dalam sejarah
|
C4
|
3,
4, 5 (U)
|
||||
3.2 Memahami corak kehidupan masyarakat
pada zaman praaksara
3.3 Menganalisis asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero
Melayu dan Melanesoid)
3.4 Menganalisis berdasarkan tipologi
hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
4.2 Menyajikan hasil penalaran mengenai
corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.3 Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari
informasi mengenai asal-usul nenek
moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam
bentuk tulisan.
4.4 Menalar informasi mengenai hasil
budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat
dan menyajikannya dalam bentuk
tertulis.
|
Kehidupan Masyarakat Praaksara dan
Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
|
Disajikan lima
pernyataan, peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan tiga karakteristik zaman azoikum
dari kelima pernyataan tersebut
|
C1
|
6
(PG)
|
||
Peserta didik diharapkan dapat menentukan macam-macam
pembagian zaman neozoikum
|
C3
|
7
(PG)
|
||||
Disajikan
5 pernyataan, peserta
didik diharapkan dapat menentukan 3 karakteristik kehidupan masa
bercocok tanam yang tepat dari kelima pernyataan tersebut
|
C3
|
8
(PG)
|
||||
Peserta
didik dapat menganalisis
pendapat M.
Yamin tentang asal-usul bangsa Indonesia
|
C4
|
9
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menentukan ras-ras
yang menjadi cikal bakal bangsa dan masyarakat Kepulauan Indonesia
|
C3
|
10
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menguraikan
tahap-tahap perkembangan bumi
|
C4
|
6 (U)
|
||||
Disajikan dua
jenis manusia purba, peserta didik diharapkan dapat membedakan jenis-jenis
manusia purba tersebut
|
C2
|
7 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
sistem kepercayaan asli bangsa Indonesia
|
C4
|
8 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
zaman praaksara manusia
|
C4
|
9 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menguraikan
sejumlah peninggalan budaya zaman batu bangsa Indonesia
|
C4
|
10
(U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar