Jumat, 03 Oktober 2014

Kisi-Kisi UTS Sejarah Peminatan Kelas X IIS Semester Ganjil 2014-2015


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran            : Sejarah Peminatan                                                      
Penyusun Kisi-kisi      : Tendi, S.Pd
Kelas / Program          : X / IIS Reguler                                                                                              
Jumlah / Bentuk Soal  : 10 PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan       : Kurikulum 2013                                                                                               
Alokasi Waktu            : 90  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
NO. SOAL


3.1      Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

3.2      Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan

3.3      Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini

4.1      Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.

4.2      Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.

4.3      Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini.


Memamahi dan Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis sejarah sebagai suatu hal yang sangat penting
C4
1 (PG)
Disajikan sebuah contoh ungkapan sejarah, peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan ungkapan dalam sejarah tersebut
C4
1 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan makna waktu
C4
3 (U)
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa sejarah
C4
10 (U)

3.4      Menganalisis ilmu sejarah

4.4      Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan.


Sejarah sebagai Ilmu dan Cara Berpikir Sejarah



Disajikan 5 pernyataan, peserta didik  diharapkan dapat menentukan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
C2
2 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menjelaskan sebab perbedaan pemahaman sejarah
C4
3 (PG)
Disajikan pernyataan, peserta didik  diharapkan dapat menentukkan manfaat-manfaat sejarah
C2
4 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menyimpulkan langkah-langkah dalam rangka merekontruksi peristiwa masa lalu
C1
5 (PG)
Peserta didik  diharapkan dapat menganalisis persyaratan sejarah sebagai ilmu
C4
4 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan subjektivitas dan objektivitas dalam sejarah
C4
5 (U)
Peserta didik diharapkan dapat  menunjukkan tujuan kritik intern terhadap peninggalan sejarah
C1
6 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menganalisis konsep keberlanjutan dan kesinambungan
C4
7 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menganalisis sejarah sebagai ilmu
C4
8 (PG)
Peserta didik  dapat menunjukkan makna dari sebuah ungkapan sejarah
C1
9 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat  menentukan tahapan sistem mata pencaharian manusia purba
C3
10
Disajikan sebuah contoh karya sejarah dan sastra, peserta didik  diharapkan dapat menguraikan unsur fiksi dalam sejarah
C4
6 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan pelbagai sudut pandang dalam sejarah
C2
7 (U)
Disajikan dua macam hal yang sangat penting dalam sejarah, peserta didik diharapkan dapat membedakan konsep temporal dan spasial
C4
2 dan 8 (U)
Peserta didik  diharapkan dapat menjelaskan periodisasi dan kronologi dalam sejarah
C4
9 (U)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar