KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : X / IIS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 10
PG dan 10 Essay
Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013
Alokasi Waktu : 90 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
|
3.1
Menganalisis
keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3.2
Menganalisis
konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
3.3
Menganalisis
keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan
masa kini
4.1
Menyajikan
hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam
berbagai bentuk komunikasi.
4.2
Menyajikan
hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan
keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.3
Membuat
tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk
kehidupan masa kini.
|
|
Memamahi dan Sejarah
|
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis
sejarah sebagai suatu hal yang sangat penting
|
C4
|
1
(PG)
|
Disajikan
sebuah contoh ungkapan sejarah, peserta didik
diharapkan dapat
menjelaskan ungkapan dalam sejarah tersebut
|
C4
|
1
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat
menjelaskan makna waktu
|
C4
|
3
(U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat
menguraikan makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa sejarah
|
C4
|
10
(U)
|
||||
|
3.4
Menganalisis
ilmu sejarah
4.4
Menyajikan
hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam
bentuk tulisan.
|
|
Sejarah sebagai Ilmu dan Cara Berpikir Sejarah
|
Disajikan 5
pernyataan, peserta didik diharapkan dapat
menentukan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu
|
C2
|
2
(PG)
|
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan sebab
perbedaan pemahaman sejarah
|
C4
|
3
(PG)
|
||||
Disajikan
pernyataan, peserta didik diharapkan dapat
menentukkan manfaat-manfaat sejarah
|
C2
|
4
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan langkah-langkah dalam rangka
merekontruksi peristiwa masa lalu
|
C1
|
5
(PG)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menganalisis
persyaratan sejarah sebagai ilmu
|
C4
|
4
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat menjelaskan
subjektivitas dan objektivitas dalam sejarah
|
C4
|
5
(U)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tujuan kritik intern terhadap
peninggalan sejarah
|
C1
|
6
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis konsep
keberlanjutan dan kesinambungan
|
C4
|
7
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis sejarah sebagai ilmu
|
C4
|
8
(PG)
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan makna dari sebuah
ungkapan sejarah
|
C1
|
9
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menentukan tahapan
sistem mata pencaharian manusia purba
|
C3
|
10
|
||||
Disajikan
sebuah contoh karya sejarah dan sastra, peserta didik diharapkan dapat menguraikan unsur fiksi
dalam sejarah
|
C4
|
6
(U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat
menjelaskan pelbagai sudut pandang dalam sejarah
|
C2
|
7
(U)
|
||||
Disajikan dua macam
hal yang sangat penting dalam sejarah, peserta didik diharapkan dapat
membedakan konsep temporal dan spasial
|
C4
|
2
dan 8 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan
dapat
menjelaskan periodisasi dan kronologi dalam sejarah
|
C4
|
9
(U)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar