Jumat, 03 Oktober 2014

Kisi-Kisi UTS Sejarah Kelas XII IPS Semester Ganjil 2014-2015


KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran            : Sejarah                         
Penyusun Kisi-kisi      : Tendi, S.Pd
Kelas / Program          : XII / IPS Reguler               
Jumlah / Bentuk Soal  : 20 / Pilihan Ganda & Essay
Kurikulum Acuan        : KTSP                         
Alokasi Waktu             : 90  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir 
NO. SOAL
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.1    Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
1.2    Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
1.3    Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta­hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)
1.4    Menganalisis perkem­bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan

Perkembangan Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya pada Awal Kemerdekaan Indonesia
Peserta didik  diharapkan dapat mengidentifikasi tujuan dibentuknya BPUPKI
C1
1 (PG)
Peserta didik dapat menganalisis hakekat dasar negara Jakarta charter dan Pancasila
C4
1 (U)
Peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya Proklamasi Kemerdekaan Indonsia
C4
3 (U)
Peserta didik dapat menganalisis masa revolusi sosial, masa bersiap, dan peristiwa tiga daerah
C4
4 (U)
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan yang diberikan tersebut yang termasuk hasil kerja dari panitia perancang UUD
C2
2 (PG)
Peserta didik diharapkan dapat menentukan penyebab terjadinya Peristiwa Rengasdengklok serta alasan kenapa tempat yang dipilih adalah Rengasdengklok
C3
3 (PG) dan 2 (U)
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis sikap pemuda saat hadir secara spontan di Lapangan Ikada
C4
4 (PG)
Disajikan 5 nama kota, diharapkan siswa dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan yang diberikan tersebut yang termasuk tempat terjadinya peristiwa tiga daerah
C2
5 (PG)
Disajikan 5 bentuk kerjasama dan pendekatan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan usaha yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi pada awal merintis kemerdekaan Indonesia
C1
6 (PG)
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi pilihan tegas Soekarno kepada rakyat Indonesia untuk memilih dia ataupun musuh politiknya
C1`
7 (PG)
Peserta didik dapat menjelaskan apa itu PDRI
C4
8 (PG)
Peserta didik bisa menentukkan hasil kesepakatan Peristiwa Linggajati
C3
9 (PG)
Peserta didik dapat menguraikan peristiwa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di berbagai pusat daerah di Indonesia
C4
5 (U)
Peserta didik dapat menganalisis pelbagai dampak terkait serangan umum 1 Maret
C4
6 (U)
Peserta didik dapat menganalisis sejumlah perundingan yang terjadi antara Indonesia dan Belanda
C4
7 dan 8 (U)
Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
Peserta didik dapat menganalisis sistem ekonomi pada masa parlementer
C4
10 (PG)
Peserta didik dapat menjabarkan sistem multipartai yang dianut oleh Indonesia
C4
9 (U)
Peserta didik dapat menjelaskan sejumlah pemberontakan dan pergolakan-pergolakan dalam negeri
C4
10 (U)







1 komentar: