KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sejarah
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XII / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 20 /
Pilihan Ganda & Essay
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu : 90 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
|
1.1
Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan
pembentukan pemerintahan Indonesia
1.2
Menganalisis
perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai
tahun 1950
1.3
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan
kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan
dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)
1.4
Menganalisis perkembangan
politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya
mengisi kemerdekaan
|
|
Perkembangan
Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya pada Awal Kemerdekaan
Indonesia
|
Peserta
didik diharapkan
dapat mengidentifikasi tujuan
dibentuknya BPUPKI
|
C1
|
1
(PG)
|
Peserta didik dapat menganalisis hakekat dasar negara Jakarta
charter dan Pancasila
|
C4
|
1
(U)
|
||||
Peserta didik dapat menjelaskan proses terjadinya Proklamasi
Kemerdekaan Indonsia
|
C4
|
3
(U)
|
||||
Peserta didik dapat menganalisis masa revolusi sosial, masa bersiap,
dan peristiwa tiga daerah
|
C4
|
4
(U)
|
||||
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan yang diberikan tersebut yang termasuk hasil kerja dari panitia perancang UUD
|
C2
|
2
(PG)
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menentukan penyebab terjadinya
Peristiwa Rengasdengklok serta alasan kenapa tempat yang dipilih adalah
Rengasdengklok
|
C3
|
3
(PG) dan 2 (U)
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat
menganalisis
sikap pemuda saat hadir secara spontan di Lapangan Ikada
|
C4
|
4
(PG)
|
||||
Disajikan 5 nama
kota, diharapkan siswa
dapat membedakan 3 dari 5 pernyataan yang diberikan
tersebut yang termasuk tempat
terjadinya peristiwa tiga daerah
|
C2
|
5
(PG)
|
||||
Disajikan 5 bentuk
kerjasama dan pendekatan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan usaha
yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi pada awal merintis
kemerdekaan Indonesia
|
C1
|
6
(PG)
|
||||
Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi pilihan tegas Soekarno kepada
rakyat Indonesia untuk memilih dia ataupun musuh politiknya
|
C1`
|
7
(PG)
|
|||
Peserta didik dapat menjelaskan apa itu PDRI
|
C4
|
8
(PG)
|
||||
Peserta didik
bisa menentukkan hasil kesepakatan Peristiwa Linggajati
|
C3
|
9
(PG)
|
||||
Peserta didik dapat menguraikan peristiwa perjuangan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia di berbagai pusat daerah di Indonesia
|
C4
|
5
(U)
|
||||
Peserta didik dapat menganalisis pelbagai dampak terkait serangan umum
1 Maret
|
C4
|
6
(U)
|
||||
Peserta didik dapat menganalisis sejumlah perundingan yang terjadi
antara Indonesia dan Belanda
|
C4
|
7
dan 8 (U)
|
||||
Kehidupan
Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
|
Peserta didik dapat menganalisis sistem ekonomi pada masa parlementer
|
C4
|
10
(PG)
|
|||
Peserta didik dapat menjabarkan sistem multipartai yang dianut oleh
Indonesia
|
C4
|
9
(U)
|
||||
Peserta didik dapat menjelaskan sejumlah pemberontakan dan
pergolakan-pergolakan dalam negeri
|
C4
|
10
(U)
|
mantap
BalasHapus