Kamis, 04 Desember 2014

Kisi UAS Sejarah Kelas XII IPS Semester Ganjil 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                       : Sejarah         
Penyusun Kisi-kisi                 : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                     : XII / IPS Reguler   
Jumlah / Bentuk Soal             : 50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan                  : KTSP                  
Alokasi Waktu                       : 120  Menit

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Pokok
Sub-Materi
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir
NO. SOAL
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.1        Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
Perkembangan Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya pada Awal Kemerdekaan Indonesia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan tujuan Perdana Menteri Koiso memberi janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia

1
Peserta didik diharapkan mampu menguraikan proses langkah konkret pertama Jepang bagi pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan Indonesia

2
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi proses perumusan dasar negara Pancasila

3
Peristiwa Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

4, dan 5
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan makna Proklamasi dan sikap pemuda untuk mendukung Proklamasi

6, dan 7
Pembentukan Kelengkapan Negara
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan pemilihan presiden dan wakil presiden pertama Indonesia pun berlangsung

8
Dukungan Spontan terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan alasan dari tindakan heroik mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi di berbagai daerah

9
TImbulnya Revolusi Sosial
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan istilah revolusi sosial

10
Keadaan Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan
Disajikan pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan faktor-faktor penyebab memburuknya keadaan ekonomi Indonesia

11
Kehidupan Sosial Budaya
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan Bahasa Indonesia yang berkembang dengan pesat pada masa Orde Lama

12
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Perjuangan Bersenjata
Peserta didik diharapkan bisa menentukan pasukan Sekutu yang bertugas mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang di Indonesia

13
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan alasan dari kegagalan tujuan Agresi Militer I

14
Peserta didik diharapkan bisa menentukan tujuan dibentuknya PDRI

15
Peserta didik diharapkan bisa menunjukkan alasan pemerintah Indonesia tidak meninggalkan Yogyakarta saat Agresi Militer Belanda II

16
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan 3 pernyataan yang merupakan dampak dari keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949

17
Perjuangan Diplomasi
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan isi dan hasil dari perundingan Roem-Royen, Renville, dan Konferensi Inter-Indonesia

18, 19, 20, dan 21
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.2        Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
Masa Demokrasi Parlementer
Peserta didik diharapkan mampu menguraikan sisi positif dari adanya sistem multipartai

22
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan alasan gagalnya Rencana Pembangunan Lima Tahun (RPLT) masa Orde Lama

23
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan kabinet yang terdiri atas para pakar di bidangnya

24
Pemilu Tahun 1955
Peserta didik diharapkan dapat menentukkan tokoh penting dari berlangsungnya Pemilu 1955

25
Kebijakan Ekonomi Naional pada Masa Demokrasi Parlementer sampai Tahun 1965
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan berbagai kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah pada masa Demokrasi Parlementer

26, dan 27
1.3        Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta­hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
Mengatasi Pergolakan dalam Negeri
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan berbagai macam gerakan dan pemberontakan (seperti DI/TII, APRA, RMS, dan PRRI/Permesta, dll) yang mengancam persatuan dan kesatuan Republik Indonesia

28, 29, 30, 31, dan 32
Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan kebijakan negatif pada masa demokrasi terpimpin

33
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan tujuan dimasyarakatkannya ajaran Nasakom

34
Perjuangan Membebaskan Irian Barat
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan proses perjuangan dalam membebaskan Irian Barat dari tangan Belanda

35
1. Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
1.4        Menganalisis perkem­bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan
Pemberontakan G30S
Latar Belakang
Diharapkan peserta didik dapat menguraikan latar belakang terjadinya konflik antara PKI dan AD

36, dan 37
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan faktor pendukung tampilnya PKI dan AD sebagai kekuatan politik di Indonesia

38
Tragedi G30S
Peserta didik diharapkan mampu menuliskan tokoh-tokoh pelaku dan korban dari Tragedi G.30.S

41, dan 40
Dampak Sosial Politik G30S dan Peralihan Kekuasaan
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi latar belakang, isi Tritura dan menjelaskan sikap AD terhadap Tritura

41, 42, dan 43

Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan proses peralihan kekuasaan dari Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto

44
2.  Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi
2.1  Menganalisis perkembangan    pemerintahan Orde Baru
Perkembangan Masyarakat dan Negara pada Masa Orde Baru
Menuju Masa Orde Baru
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi beberapa sidang dan tindakan yang dilakukan oleh MPRS sejak pemulihan keamanan nasional dilaksanakan pasca berakhirnya peristiwa G30S

45
Penataan Kehidupan Politik
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan proses penyelenggaraan pemilu pada masa pemerintahan Orde Baru

46
Disajikan pernyataan, diharapkan peserta didik bisa memilih 3 partai hasil penyederhanakn (fusi) jumlah partai politik tahun 1973

47
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan proses dan tujuan dari pemasyarakatan P4

48, dan 49
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan proses normalisasi hubungan luar negeri Indonesia era Orde Baru

50




1 komentar: