KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sejarah
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XII / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 50
/ Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Sub-Materi
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
1.
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya
Orde Baru
|
1.1
Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi
17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia
|
Perkembangan
Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya pada Awal Kemerdekaan Indonesia
|
Persiapan
Kemerdekaan Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang
|
Peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan tujuan
Perdana Menteri Koiso memberi janji kemerdekaan kepada rakyat Indonesia
|
|
1
|
Peserta
didik diharapkan mampu menguraikan proses langkah
konkret pertama Jepang bagi pelaksanaan Janji Koiso tentang kemerdekaan
Indonesia
|
|
2
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi proses perumusan dasar negara
Pancasila
|
|
3
|
||||
Peristiwa
Penting Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan peristiwa penting menjelang
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
|
4, dan 5
|
|||
Proklamasi
Kemerdekaan Indonesia
|
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan makna Proklamasi dan sikap pemuda untuk mendukung Proklamasi
|
|
6, dan 7
|
|||
Pembentukan
Kelengkapan Negara
|
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan pemilihan presiden dan wakil presiden
pertama Indonesia pun berlangsung
|
|
8
|
|||
Dukungan
Spontan terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
Peserta
didik diharapkan bisa menguraikan alasan dari tindakan
heroik mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terjadi di berbagai daerah
|
|
9
|
|||
TImbulnya
Revolusi Sosial
|
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan istilah revolusi
sosial
|
|
10
|
|||
Keadaan
Ekonomi Indonesia pada Awal Kemerdekaan
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan faktor-faktor penyebab
memburuknya keadaan ekonomi Indonesia
|
|
11
|
|||
Kehidupan
Sosial Budaya
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan Bahasa Indonesia yang berkembang dengan pesat pada masa Orde Lama
|
|
12
|
|||
Perjuangan
Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
|
Perjuangan
Bersenjata
|
Peserta
didik diharapkan bisa menentukan pasukan Sekutu yang bertugas
mengambil alih kekuasaan dari tangan Jepang di Indonesia
|
|
13
|
||
Peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan alasan dari kegagalan tujuan
Agresi Militer I
|
|
14
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa menentukan tujuan dibentuknya PDRI
|
|
15
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa menunjukkan alasan pemerintah Indonesia
tidak meninggalkan Yogyakarta saat Agresi Militer Belanda II
|
|
16
|
||||
Disajikan 5
pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan 3 pernyataan yang
merupakan dampak dari keberhasilan Serangan Umum 1 Maret 1949
|
|
17
|
||||
Perjuangan
Diplomasi
|
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan isi dan hasil dari perundingan
Roem-Royen, Renville, dan Konferensi Inter-Indonesia
|
|
18, 19, 20, dan 21
|
|||
1.
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya
Orde Baru
|
1.2
Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan
politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950
|
Kehidupan
Masyarakat Indonesia pada Masa Demokrasi Parlementer dan Demokrasi Terpimpin
|
Masa
Demokrasi Parlementer
|
Peserta
didik diharapkan mampu menguraikan sisi positif dari adanya sistem multipartai
|
|
22
|
Peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan alasan gagalnya Rencana
Pembangunan Lima Tahun (RPLT) masa Orde Lama
|
|
23
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan kabinet yang terdiri atas para
pakar di bidangnya
|
|
24
|
||||
Pemilu
Tahun 1955
|
Peserta
didik diharapkan dapat menentukkan tokoh penting dari berlangsungnya Pemilu
1955
|
|
25
|
|||
Kebijakan
Ekonomi Naional pada Masa Demokrasi Parlementer sampai Tahun 1965
|
Peserta
didik diharapkan bisa menguraikan berbagai kebijakan ekonomi
yang dikeluarkan pemerintah pada masa Demokrasi
Parlementer
|
|
26, dan 27
|
|||
1.3
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia
dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama
dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
|
Mengatasi
Pergolakan dalam Negeri
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan berbagai macam gerakan dan pemberontakan
(seperti DI/TII, APRA, RMS, dan PRRI/Permesta, dll) yang
mengancam persatuan dan kesatuan Republik Indonesia
|
|
28, 29, 30, 31, dan 32
|
||
Pelaksanaan
Demokrasi Terpimpin
|
Peserta
didik diharapkan dapat menunjukkan kebijakan negatif pada masa demokrasi
terpimpin
|
|
33
|
|||
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan tujuan
dimasyarakatkannya ajaran Nasakom
|
|
34
|
||||
Perjuangan
Membebaskan Irian Barat
|
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan proses
perjuangan dalam membebaskan Irian Barat dari tangan Belanda
|
|
35
|
|||
1.
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya
Orde Baru
|
1.4
Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan
masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan
|
Pemberontakan
G30S
|
Latar
Belakang
|
Diharapkan
peserta didik dapat menguraikan latar belakang terjadinya konflik antara PKI
dan AD
|
|
36, dan 37
|
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan faktor pendukung tampilnya
PKI dan AD sebagai kekuatan politik di Indonesia
|
|
38
|
||||
Tragedi
G30S
|
Peserta
didik diharapkan mampu menuliskan tokoh-tokoh pelaku dan korban dari Tragedi
G.30.S
|
|
41, dan 40
|
|||
Dampak
Sosial Politik G30S dan Peralihan Kekuasaan
|
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi latar belakang, isi Tritura dan
menjelaskan sikap AD terhadap Tritura
|
|
41, 42, dan 43
|
|||
|
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan proses peralihan kekuasaan
dari Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto
|
|
44
|
|||
2. Menganalisis perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi
|
2.1 Menganalisis
perkembangan pemerintahan Orde Baru
|
Perkembangan
Masyarakat dan Negara pada Masa Orde Baru
|
Menuju
Masa Orde Baru
|
Peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi beberapa sidang dan tindakan yang
dilakukan oleh MPRS sejak pemulihan keamanan nasional dilaksanakan pasca
berakhirnya peristiwa G30S
|
|
45
|
Penataan
Kehidupan Politik
|
Peserta
didik diharapkan bisa menguraikan proses penyelenggaraan
pemilu pada masa pemerintahan
Orde Baru
|
|
46
|
|||
Disajikan
pernyataan, diharapkan peserta didik bisa memilih 3 partai hasil penyederhanakn
(fusi) jumlah partai politik tahun 1973
|
|
47
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan proses dan tujuan dari pemasyarakatan P4
|
|
48, dan 49
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan proses normalisasi hubungan luar negeri
Indonesia era Orde Baru
|
|
50
|
contoh soalnya ada ngak pak....
BalasHapus