KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi : Tendi, S.Pd
Kelas / Program : X / IIS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 50
/ Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013
Alokasi Waktu :
120 Menit
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Sub
Msteri
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
3.1 mendeskripsikan fungsi
sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4.1 melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan fungsi
sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
|
|
Fungsi Sosiologi
dalam Mengkaji Gejala Sosial
|
Sosiologi
sebagai ilmu pengetahuan
|
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi tokoh Sosiologi Dunia dan Indonesia
|
|
1
|
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan kelahiran
dan perkembangan sosiologi menurut
sejumlah tokoh
|
|
2
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan
istilah sosiologi secara etimologis
|
|
3
|
||||
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi
karakteristik sosiologi
|
|
4
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi sejumlah hasrat yang mendorong
seorang individu untuk melakukan interaksi dengan individu lainnya
|
|
5, dan 6
|
||||
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia
|
|
7
|
||||
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan 3 objek
sosiologi diantara kelima pernyataan tersebut
|
|
8
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
teori-teori terkenal tokoh Sosiologi
|
|
9, dan 10
|
||||
Gejala sosial dalam
masyarakat
|
Disajikan
5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan pernyataan
yang termasuk tipe kejahatan yang diungkapkan Light, Keller, dan Calhoun
|
|
11
|
|||
Disajikan
5 masalah
sosial, diharapkan peserta didik bisa memilih 3 pernyataan yang
termasuk masalah sosial kependudukan yang dihadapi Indonesia dan beberapa
negara berkembang lainnya
|
|
12
|
||||
Fungsi sosiologi terhadap
gejala sosial
|
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan fungsi-fungsi mempelajari sosiologi
|
|
13
|
|||
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi tahapan-tahapan pemecahan masalah
|
|
14
|
||||
3.2 Menerapkan
konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
antara individu dan kelompok serta
antar kelompok
4.2 Melakukan
kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta
antar kelompok
|
|
Hubungan Sosial dalam
Kajian Sosiologi
|
Individu/Manusia
|
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan teori-teori mengenai
perkembangan manusia
|
|
15, dan 16
|
Kelompok sosial
|
Peserta
didik diharapkan mampu menunjukkan tiga tahap atau langkah
perkembangan suatu kelompok sosial
|
|
17
|
|||
Peserta
didik diharapkan bisa membedakan ciri-ciri kelompok primer dengan kelompok
sekunder
|
|
18
|
||||
Interaksi sosial
|
Peserta didik diharapkan bisa memilih 3
sumber informasi yang mendasari interaksi seseorang dengan orang lain menurut
Karl dan Yoels
|
|
19
|
|||
Disajikan
5 pernyataan,
diharapkan peserta didik dapat menentukan 3 pernyataan yang
merupakan kontak sosial negatif
|
|
20
|
||||
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi karakteristik
interaksi sosial
|
|
21
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan dengan jelas definisi, jenis dan bentuk proses
sosial asosiatif dan disosiatif
|
|
22, dan 23
|
||||
Disajikan
contoh, peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi faktor-faktor
yang mendorong individu maupun kelompok untuk berinteraksi
|
|
24, dan 25
|
||||
Masyarakat
|
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan
dapat menunjukkan karakteristik masyarakat yang digagas
oleh Abdul Syani dan juga Soerjono Soekanto
|
|
26, dan 28
|
|||
Disajikan
5 sikap/kepribadian, diharapkan peserta didik mampu menentukan ciri
kepribadian modern yang dikemukakan oleh A. Inkeles dan R.N. Bellah
|
|
27
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi sejumlah ciri dan perbedaan antara
masyarakat tradisional dan masyarakat kota
|
|
29, dan 30
|
||||
Nilai Sosial
|
Peserta
didik diharapkan mampu menunjukkan fungsi nilai sosial
|
|
31, dan 32
|
|||
Peserta
didik diharapkan mampu mengidentifikasi nilai dominan yang ada dalam
masyarakat Amerika Serikat
|
|
33
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan definisi, karakteristik, dan macam-macam
nilai sosial
|
|
34, 35, 36, dan 38
|
||||
Peserta
didik diharapkan bisa mengidentifikasi tokoh atau
sosok yang paling penting dalam perkembangan anak
|
|
37
|
||||
Norma Sosial
|
Disajikan
5 pernyataan, peserta didik diharapkan bisa memilih 3 pernyataan yang
merupakan persamaan antara folkways
dan mores
|
|
38
|
|||
Peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi jenis dan macam norma sosial
|
|
39, 40, 41, 43, dan 44
|
||||
Diharapkan
peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi norma sosial
|
|
42
|
||||
Sosialisasi
|
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan perilaku yang diharapkan sebagai hasil proses sosialisasi
|
|
46, dan 48
|
|||
Peserta
didik diharapkan bisa menjelaskan macam-macam bentuk sosialisasi
|
|
47
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
agen/media sosialisasi
|
|
49, dan 50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar