Senin, 01 Desember 2014

Kisi UAS Sosiologi Kelas X IIS Semester Ganjil 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                       : Sosiologi                                             
Penyusun Kisi-kisi                 : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                      : X / IIS Reguler                    
Jumlah / Bentuk Soal              : 50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan                   : Kurikulum 2013                                                 
Alokasi Waktu                        : 120  Menit

Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Sub Msteri
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir
NO. SOAL
3.1 mendeskripsikan fungsi sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat
4.1 melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan fungsi sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di masyarakat

Fungsi Sosiologi dalam Mengkaji Gejala Sosial
Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi tokoh Sosiologi Dunia dan Indonesia

1
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan kelahiran dan perkembangan sosiologi menurut sejumlah tokoh

2
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan istilah sosiologi secara etimologis

3
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi karakteristik sosiologi

4
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi sejumlah hasrat yang mendorong seorang individu untuk melakukan interaksi dengan individu lainnya

5, dan 6
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia

7
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan 3 objek sosiologi diantara kelima pernyataan tersebut

8
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan teori-teori terkenal tokoh Sosiologi

9, dan 10
Gejala sosial dalam masyarakat
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan pernyataan yang termasuk tipe kejahatan yang diungkapkan Light, Keller, dan Calhoun

11
Disajikan 5 masalah sosial, diharapkan peserta didik bisa memilih 3 pernyataan yang termasuk masalah sosial kependudukan yang dihadapi Indonesia dan beberapa negara berkembang lainnya

12
Fungsi sosiologi terhadap gejala sosial
Disajikan sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan mampu menunjukkan fungsi-fungsi mempelajari sosiologi

13
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi tahapan-tahapan pemecahan masalah

14
3.2     Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta  antar kelompok
4.2     Melakukan kajian, diskusi, dan menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok 

Hubungan Sosial dalam Kajian Sosiologi
Individu/Manusia
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan teori-teori mengenai perkembangan manusia

15, dan 16
Kelompok sosial
Peserta didik diharapkan mampu menunjukkan tiga tahap atau langkah perkembangan suatu kelompok sosial

17
Peserta didik diharapkan bisa membedakan ciri-ciri kelompok primer dengan kelompok sekunder

18
Interaksi sosial
Peserta didik diharapkan bisa memilih 3 sumber informasi yang mendasari interaksi seseorang dengan orang lain menurut Karl dan Yoels

19
Disajikan 5 pernyataan, diharapkan peserta didik dapat menentukan 3 pernyataan yang merupakan kontak sosial negatif

20
Disajikan sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi karakteristik interaksi sosial

21
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan dengan jelas definisi, jenis dan bentuk proses sosial asosiatif dan disosiatif

22, dan 23
Disajikan contoh, peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong individu maupun kelompok untuk berinteraksi

24, dan 25
Masyarakat
Disajikan sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan karakteristik masyarakat yang digagas oleh Abdul Syani dan juga Soerjono Soekanto

26, dan 28
Disajikan 5 sikap/kepribadian, diharapkan peserta didik mampu menentukan ciri kepribadian modern yang dikemukakan oleh A. Inkeles dan R.N. Bellah

27
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi sejumlah ciri dan perbedaan antara masyarakat tradisional dan masyarakat kota

29, dan 30
Nilai Sosial
Peserta didik diharapkan mampu menunjukkan fungsi nilai sosial

31, dan 32
Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi nilai dominan yang ada dalam masyarakat Amerika Serikat

33
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan definisi, karakteristik, dan macam-macam nilai sosial

34, 35, 36, dan 38
Peserta didik diharapkan bisa mengidentifikasi tokoh atau sosok yang paling penting dalam perkembangan anak

37
Norma Sosial
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan bisa memilih 3 pernyataan yang merupakan persamaan antara folkways dan mores

38
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi jenis dan macam norma sosial

39, 40, 41, 43, dan 44
Diharapkan peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi norma sosial

42
Sosialisasi
Peserta didik diharapkan dapat menentukan perilaku yang diharapkan sebagai hasil proses sosialisasi

46, dan 48
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan macam-macam bentuk sosialisasi

47
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi agen/media sosialisasi

49, dan 50


Tidak ada komentar:

Posting Komentar