Kamis, 04 Desember 2014

Kisi UAS Sejarah Peminatan Kelas X IIS Semester Ganjil 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                       : Sejarah Peminatan
Penyusun Kisi-kisi                 : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                     : X / IIS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal             : 50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan                  : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu                       : 120  Menit

Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Sub Materi
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir
NO. SOAL
3.1       Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu
3.2       Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
3.3       Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
4.1       Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.2       Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.3       Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini


Bab I
Manusia dan Sejarah
Peserta didik diharapkan bisa menentukan konsep-konsep sejarah, pemahaman mengenai tindakan manusia menentukan jalannya sejarah, dan aktivitas yang tidak dapat ditulis sebagai sejarah

1, 2, dan 3
Konsep Waktu dalam Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menganalisis konsep waktu dalam sejarah, makna waktu, urutan periodisasi sejarah Indonesia dan pengulangan sejarah

4, 5, 6, dan 7
Hubungan antara Masa Lalu dan Masa Kini dalam Kehidupan Manusia
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan hubungan antara masa lalu dan masa kini dalam kehidupan manusia

8, 9, dan 10
3.4       Menganalisis ilmu sejarah
3.5       Menganalisis cara berpikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.
4.4       Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan
4.5       Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi

Bab II
Hakikat Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan definisi sejarah, tokoh utama sejarah dunia dan Indonesia

11, 12, dan 13
Diharapkan peserta didik dapat menentukkan formulasi enam pertanyaan dalam sejarah

14
Peserta didik diharapkan dapat menentukan faktor yang memengaruhi timbulnya subjektivitas di dalam penulisan sejarah

15
Peserta didik diharapkan dapat  menganalisis pengaruh besar dalam sejarah, dan terjadinya perbedaan pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah dari para saksi

16, dan 17
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan empat langkah dalam sejarah, kritik sejarah, dan makna kesinambungan dalam sejarah

18, 19, dan 20
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan istilah dan peribahasa dalam sejarah

21
Sejarah sebagai Ilmu, Peristiwa, Kisah dan Seni
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa yang unik, dan sejarah sebagai ilmu yang mandiri

22, 23, 24, 25, dan 26
Aspek dan Ruang Lingkup Sejarah
Disajikan macam-macam sejarah, peserta didik diharapkan mampu menentukan yang termasuk sejarah tematis

27
Cara Berpikir Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan cara berpikir sejarah dalam bentuk kronologi dan periodisasi

28, 29, 31, dan 32
Manfaat Sejarah
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan manfaat sejarah

33, dan 35
Diharapkan peserta didik dapat menyimpulkan pengelompokan sumber sejarah yang menjadi dua macam

34
3.6       Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
3.7       Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah
3.8       Menganalisis keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari historiografi tradisional, kolonial dan modern
4.6       Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
4.7       Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.
4.8       Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yang ditentukan guru, dalam berbagai bentuk presentasi.


Bab III
Pengertian Bukti, Sumber, dan Fakta Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan bukti sejarah, sumber sejarah, macam-macam bukti sejarah dalam bentuk benda, dalam bentuk budaya immaterial, ilmu-ilmu bantu sejarah, dan teknik yang digunakan dalam menentukan usia bukti sejarah

36, 37, 38, 39, 42, dan 43
Disajikan sifat-sifat ilmu, peserta didik diharapkan dapat menentukan tiga sifat yang saling bersinergi dalam sumber sejarah

40
Peserta didik diharapkan bisa menjelaskan pengertian wawancara yang simultan

41
Langkah-Langkah dalam Penelitian Sejarah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menguraikan langkah-langkah dalam Penelitian Sejarah

44, dan 45
Disajikan tokoh-tokoh sejarah, peserta didik diharapkan mampu menentukan sejarawan yang memperkenalkan metode multidimensional approach dalam penelitian sejarah di Indonesia

46
Bentuk Penelitian Sejarah
Peserta didik diharapkan dapat menentukan bentuk-bentuk penelitian sejarah

47
Cakupan dan Tema Historiografi
Peserta didik diharapkan dapat menyimpulkan karya-karya sejarah dari tema-tema historiografi (penulisan sejarah)

48

Perkembangan Penulisan Sejarah di Indonesia
Disajikan jenis-jenis penulisan sejarah, diharapkan peserta didik dapat menentukan yang termasuk fase perkembangan penulisan sejarah di Indonesia

49
Peserta didik diharapkan dapat menentukan tokoh penting aliran metode sejarah kritis

50






1 komentar: