KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Penyusun Kisi-kisi : Tendi, S.Pd
Kelas / Program : X / IIS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 50
/ Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan :
Kurikulum 2013
Alokasi Waktu :
120 Menit
Kompetensi Dasar
|
Tahapan Berpikir
|
Materi
Pokok
|
Sub Materi
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
3.1 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam
ruang dan waktu
3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan
keberlanjutan
3.3 Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang
manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini
4.1 Menyajikan hasil kajian tentang konsep manusia hidup
dalam ruang dan waktu, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.2 Menyajikan hasil telaah tentang konsep bahwa manusia
hidup dalam perubahan dan keberlanjutan, dalam berbagai bentuk komunikasi.
4.3 Membuat tulisan tentang hasil kajian mengenai
keterkaitan kehidupan masa lalu untuk kehidupan masa kini
|
Bab I
|
Manusia
dan Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan bisa menentukan konsep-konsep sejarah, pemahaman mengenai tindakan manusia menentukan jalannya sejarah,
dan aktivitas yang tidak dapat ditulis sebagai sejarah
|
1, 2, dan 3
|
||
Konsep
Waktu dalam Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan dapat menganalisis konsep waktu dalam sejarah, makna waktu,
urutan periodisasi sejarah Indonesia dan pengulangan sejarah
|
4, 5, 6, dan 7
|
||||
Hubungan
antara Masa Lalu dan Masa Kini dalam Kehidupan Manusia
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan hubungan antara masa lalu dan masa kini
dalam kehidupan manusia
|
8, 9, dan 10
|
||||
3.4 Menganalisis ilmu sejarah
3.5 Menganalisis cara berpikir sejarah dalam mempelajari
peristiwa-peristiwa sejarah.
4.4 Menyajikan hasil telaah tentang peristiwa sebagai karya
sejarah, mitos, dan fiksi dalam bentuk tulisan
4.5 Menerapkan cara berfikir sejarah dalam mengkaji
peristiwa-peristiwa yang dipelajarinya, dalam berbagai bentuk presentasi
|
Bab II
|
Hakikat
Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan definisi sejarah, tokoh utama sejarah
dunia dan Indonesia
|
11, 12, dan 13
|
||
Diharapkan
peserta didik dapat menentukkan formulasi enam pertanyaan dalam sejarah
|
14
|
|||||
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan faktor yang
memengaruhi
timbulnya subjektivitas di dalam penulisan sejarah
|
15
|
|||||
Peserta
didik diharapkan dapat menganalisis
pengaruh besar dalam sejarah, dan terjadinya perbedaan
pemahaman terhadap suatu peristiwa sejarah dari para saksi
|
16,
dan 17
|
|||||
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan empat langkah dalam sejarah, kritik
sejarah, dan makna kesinambungan dalam sejarah
|
18, 19, dan
20
|
|||||
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan istilah dan peribahasa dalam sejarah
|
21
|
|||||
Sejarah sebagai Ilmu,
Peristiwa, Kisah dan Seni
|
Peserta didik diharapkan
dapat menguraikan sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai peristiwa yang unik,
dan sejarah sebagai ilmu yang mandiri
|
22, 23, 24,
25, dan 26
|
||||
Aspek dan Ruang
Lingkup Sejarah
|
Disajikan
macam-macam sejarah, peserta didik diharapkan mampu menentukan yang termasuk
sejarah tematis
|
27
|
||||
Cara Berpikir
Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan cara berpikir sejarah dalam bentuk
kronologi dan periodisasi
|
28, 29, 31,
dan 32
|
||||
Manfaat Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan mampu menjelaskan manfaat sejarah
|
33, dan 35
|
||||
Diharapkan
peserta didik dapat menyimpulkan pengelompokan sumber sejarah yang menjadi
dua macam
|
34
|
|||||
3.6 Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah
penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah
3.8 Menganalisis keterkaitan perbedaan ciri-ciri dari
historiografi tradisional, kolonial dan modern
4.6 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber
dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
4.7 Melakukan penelitian sejarah secara sederhana dan
menyajikanya dalam bentuk laporan penelitian.
4.8 Menyajikan hasil mengklasifikasi ciri-ciri
historiografi tradisional, kolonial dan modern dari sumber yang ditentukan
guru, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
Bab III
|
Pengertian Bukti,
Sumber, dan Fakta Sejarah
|
Peserta didik diharapkan
dapat menguraikan bukti sejarah, sumber sejarah, macam-macam bukti sejarah dalam bentuk benda, dalam
bentuk budaya immaterial, ilmu-ilmu bantu sejarah, dan teknik yang digunakan
dalam menentukan usia bukti sejarah
|
36, 37, 38,
39, 42, dan 43
|
||
Disajikan
sifat-sifat ilmu, peserta didik diharapkan dapat menentukan tiga sifat yang
saling bersinergi dalam sumber sejarah
|
40
|
|||||
Peserta didik diharapkan bisa
menjelaskan pengertian wawancara yang simultan
|
41
|
|||||
Langkah-Langkah
dalam Penelitian Sejarah
|
Disajikan
pernyataan, peserta didik dapat menguraikan langkah-langkah dalam Penelitian
Sejarah
|
44, dan 45
|
||||
Disajikan
tokoh-tokoh sejarah, peserta didik diharapkan mampu menentukan sejarawan yang
memperkenalkan metode multidimensional
approach dalam penelitian sejarah di Indonesia
|
46
|
|||||
Bentuk Penelitian
Sejarah
|
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan bentuk-bentuk penelitian sejarah
|
47
|
||||
Cakupan dan Tema
Historiografi
|
Peserta
didik diharapkan dapat menyimpulkan karya-karya sejarah dari tema-tema
historiografi (penulisan sejarah)
|
48
|
||||
Perkembangan
Penulisan Sejarah di Indonesia
|
Disajikan
jenis-jenis penulisan sejarah, diharapkan peserta didik dapat menentukan yang
termasuk fase perkembangan penulisan sejarah di Indonesia
|
49
|
||||
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan tokoh penting aliran metode sejarah kritis
|
50
|
Ga sekalian soaLnya pak
BalasHapus