KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XII / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 50
/ Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Sub-Materi
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
1. Memahami dampak perubahan sosial
|
1.1 Menjelaskan proses
perubahan sosial di masyarakat
|
Perubahan
Sosial
|
Pengertian
perubahan sosial
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan pengertian perubahan sosial
|
1
|
|
Karakteristik
perubahan sosial
|
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan 3 pernyataan yang merupakan karakteristik
perubahan sosial
|
2
|
||||
Bentuk-Bentuk
perubahan sosial
|
Disajikan contoh, peserta didik diharapkan dapat menentukan
bentuk-bentuk perubahan sosial
|
3, 4, 5, dan 6
|
||||
Teori-Teori
perubahan sosial
|
Peserta
didik diharapkan dapat menguraikan teori-teori perubahan sosial
|
7, 8, 9, dan 10
|
||||
Penyebab
perubahan sosial
|
Disajikan sejumlah contoh
dan pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan faktor-faktor
penyebab perubahan sosial
|
11, 12, dan 13
|
||||
Faktor
Pendukung dan Penghambat perubahan sosial
|
Peserta didik diharapkan
dapat memilih yang bukan faktor pendorong
perubahan sosial
|
14
|
||||
Disajikan
5 pernyataan, diharapkan peserta didik mampu menentukan pernyataan yang
menjadi faktor penghambat perubahan sosial
|
15, dan 16
|
|||||
1.2 Menganalisis dampak
perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat
|
Dampak
Perubahan Sosial
|
Dampak
perubahan sosial
|
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi dampak positif dan
negatif perubahan sosial
|
17, 18, 19, 20, dan 21
|
||
Modernisasi
|
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan istilah, dampak, dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya modernisasi
|
22, 23, dan 24
|
||||
Disajikan sejumlah pernyataan, diharapkan peserta didik dapat menentukan pernyataan yang
termasuk syarat-syarat berlangsungnya proses modernisasi
|
25
|
|||||
Globalisasi
|
Disajikan
contoh, peserta didik diharapkan dapat menguraikan pengertian dan pengaruh
dari globalisasi
|
26, 27, 28,
dan 29
|
||||
2. Memahami lembaga sosial
|
2.1 Menjelaskan hakikat
lembaga sosial
|
Hakikat
lembaga sosial
|
Lembaga
Sosial
|
Peserta didik diharapkan
bisa menjelaskan pengertian lembaga sosial
|
30
|
|
Peserta didik
diharapkan mampu mengidentifikasi pernyataan yang termasuk karakteristik
lembaga sosial
|
31
|
|||||
2.2 Mengklasifikasikan tipe-tipe lembaga
sosial
|
Peserta
didik diharapkan dapat menentukan fungsi dari lembaga sosial
|
32
|
||||
Lembaga
Keluarga
|
Disajikan 5 pernyataan,
peserta didik diharapkan dapat menguraikan lembaga sosial dasar yang terkait
dengan pembentukan keluarga baru
|
34
|
||||
Disajikan pernyataan dan
contoh, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk
keluarga
|
33, 35, 36, dan 37
|
|||||
Peserta didik diharapkan
dapat menguraikan masalah sosial dalam keluarga
|
38
|
|||||
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi lembaga sosial
|
Lembaga
Agama
|
Disajikan pernyataan dan
contoh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik diharapkan dapat menentukan
karakteristik dan bentuk-bentuk agama
|
39 dan 40
|
|||
Lembaga
Pendidikan
|
Peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi arti, peran, dan bentuk lembaga
pendidikan
|
41, 42, dan 43
|
||||
Lembaga
Ekonomi
|
Peserta didik diharapkan
dapat mengidentifikasi tujuan dan fungsi dari lembaga ekonomi
|
44, 45, dan 46
|
||||
Lembaga
Politik
|
Peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi definisi lembaga politik menurut
Soerjono Soekanto
|
47
|
||||
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan sejumlah
karakterstik dari lembaga politik
|
48
|
|||||
Lembaga
Hukum
|
Disajikan pernyataan dan
contoh, peserta didik diharapkan mampu menguraikan fungsi-fungsi dari lembaga
hukum
|
49 dan 50
|
Terima kasih atas share informasinya. sangat memabntu. mudah mudahan jadi amal jariyah. aamin.
BalasHapus