Kamis, 04 Desember 2014

Kisi UAS Sejarah Wajib Kelas X IIS Semester Ganjil 2014-2015

KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Mata Pelajaran                       : Sejarah Wajib 
Penyusun Kisi-kisi                 : Tendi, S.Pd
Kelas / Program                     : X / IIS Reguler 
Jumlah / Bentuk Soal             : 50 / Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan                  : Kurikulum 2013   
Alokasi Waktu                       : 120  Menit

Kompetensi Dasar
Tahapan  Berpikir
Materi
Pokok
Indikator Soal
Tahapan  Berpikir
NO. SOAL
3.1            Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik, ruang dan waktu  dalam sejarah

4.1          Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis    ( diakronik ), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah

Bab I
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan cara berpikir sejarah

1, 2, dan 6
Disajikan pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan dua model penulisan dalam menjelaskan atau merekontruksi peristiwa sejarah

3
Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi pengertian kasualitas, interpretasi, analisis peristiwa sejarah, dan pendekatan multidimensional

4, 5, 9, dan 10
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan konsep waktu dan objektivitas sejarah

7 dan 8
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan istilah dan pengertian fakta sejarah dan ruang dalam sejarah

11, dan 14
Disajikan sejumlah pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan 3 pernyataan yang termasuk tujuan dari pembatasan waktu dalam sejarah

12
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan dua pengertian waktu

13
3.2        Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
3.3        Menganalisis asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid)
3.4        Menganalisis berdasarkan tipologi hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat.
4.1        Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan.
4.2        Menyajikan kesimpulan-kesimpulan dari informasi mengenai asal-usul nenek  moyang bangsa Indonesia (Proto, Deutero Melayu dan Melanesoid) dalam bentuk tulisan.
4.3        Menalar informasi mengenai hasil budaya Praaksara Indonesia termasuk yang berada di lingkungan terdekat dan  menyajikannya dalam bentuk tertulis.

Bab II
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan istilah, ciri dan pembagian zaman azoikum dan neozoikum

15, dan 16
Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan pengertian dan jejak manusia purba di Indonesia

17, dan 18
Peserta didik diharapkan dapat membedakan manusia purba sejenis Phitecantropus Erectus di Indonesia dan Cina

19
Disajikan sejumlah periode masa, peserta didik diharapkan dapat menentukan 3 masa pra-aksara di Indonesia

20
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi ciri masyarakat pada masa berburu dan mengumpulkan makanan (food gathering) dan masa bercocok tanam (food producing)

21, 22, 23, dan 24
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi berbagai macam peninggalan kebudayaan manusia purba yang berasal dari zaman batu besar

25, 26, dan 27
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan asal-usul bangsa Indonesia

28, 29, 30
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi kebudayaan bercocok tanam yang diperkenalkan oleh masyarakat pendatang di Indonesia

31
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan macam-macam ras manusia yang menyebar dan berkembang di Indonesia

32
3.5     Menganalisis berbagai teori tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan  Hindu-Buddha di Indonesia.
3.6        Menganalisis karakteristik  kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia serta  menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.4        Mengolah informasi mengenai proses masuk dan perkembangan kerajaan Hindu-Buddha dengan menerapkan cara berpikir kronologis, dan  pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4.5        Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu-Buddha dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.


Bab III
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan kondisi wilayah Jazirah India di Asia Selatan dan penduduk Lembah Sungai Indus

33, 34, 35, 36, dan 37
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan kebudayaan dan ajaran Hindu yang berkembang pesat di sepanjang Lembah sungai-sungai terkenal India

38
Peserta didik diharapkan dapat menunjukkan sisi positif pembentukan sistem kasta oleh masyarakat Hindu

39
Peserta didik diharapkan dapat menguraikan proses Sidharta Gautama yang memperoleh penerangan dibawah pohon Lembah Sungai Gangga, Desa Gaya

40
Peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan pengertian istilah sanggha dan dharma dalam Agama Buddha

41, dan 44
Peserta didik diharapkan mampu menyimpulkan pandangan masyarakat Buddhis terhadap sistem kasta

42
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan pengaruh agama Buddha yang menyebar ke Asia Timur

43
Peserta didik diharapkan dapat menentukan corak kepercayaan Hindu dan Buddha

45
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan kemajuan agama dan Kerajaan Buddha di wilayah Sumatra

47
Diharapkan peserta didik mampu menjelaskan teori masuknya Hindu ke Nusantara

46, dan 48
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang politik/pemerintahan, dan ilmu pengetahuan

49, dan 50




Tidak ada komentar:

Posting Komentar