KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL
MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN
UIN JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Mata Pelajaran : Sosiologi
Penyusun Kisi-kisi :
Tendi, S.Pd
Kelas / Program : XI / IPS Reguler
Jumlah / Bentuk Soal : 50
/ Pilihan Ganda
Kurikulum Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok
|
Sub-Materi
|
Indikator Soal
|
Tahapan Berpikir
|
NO. SOAL
|
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan
mobilitas sosial
|
1.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam
fenomena kehidupan
|
Bentuk-Bentuk
Struktur Sosial dalam Masyarakat
|
Hakikat
dan Bentuk Struktur Sosial
|
Peserta didik diharapkan dapat menentukan pengertian struktur sosial
|
|
1
|
Disajikan gambar, diharapkan peserta didik dapat
membedakan antara interseksi dan konsolidasi sosial
|
|
2, dan 3
|
||||
Disajikan
unsur sosial, peserta didik diharapkan dapat menentukan unsur-unsur sosial pokok yang menyusun
struktur sosial menurut Soerjono Soekanto
|
|
4
|
||||
Diferensiasi
Sosial
|
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
wujud diferensiasi sosial
|
|
5, 6, dan 9
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi keanekaragaman warna
masyarakat dunia ke dalam beberapa jenis ras
|
|
7
|
||||
Pesrta didik diharapkan dapat membedakan penekanan konsep ras dan
kebudayaan
|
|
8
|
||||
Stratifikasi
Sosial
|
Disajikan pernyataan, peserta didik diharapkan dapat
menentukan yang
termasuk dasar stratifikasi sosial
|
|
10 dan 13
|
|||
Disajikan gambar dan contoh, peserta didik diharapkan dapat menentukan sifat struktur
sosial
|
|
11 dan 12
|
||||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi macam-macam status
|
|
14, dan 15
|
||||
|
1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam
masyarakat
|
Konflik
Sosial
|
Pengertian
dan Unsur Konflik Sosial
|
Disajikan
unsur-unsur sosial, diharapkan
peserta didik dapat menentukan 3 pernyataan yang
menjadi unsur konflik sosial
|
|
16
|
Faktor
Penyebab Konflik Sosial
|
Disajikan contoh, peserta
didik diharapkan dapat mengidentifikasi faktor penyebab konflik sosial
|
|
17
|
|||
Karakteristik
Konflik Sosial
|
Disajikan
sejumlah pernyataan, peserta
didik diharapkan dapat memilih 3 pernyataan yang merupakan karakteristik
yang dimiliki konflik sosial
|
|
18
|
|||
Bentuk-Bentuk
Konflik Sosial
|
Disajikan sejumlah
konflik sosial, peserta
didik diharapkan dapat menentukan yang termasuk
contoh dari konflik horizontal
|
|
19
|
|||
Peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
jenis-jenis konflik menurut pembagian konflik menurut James A.F. Stoner
dan Charles Wankel
|
|
20
|
||||
Konflik
Sosial dan Kekerasan
|
Disajikan 5 unsur
sosial, peserta didik diharapkan mampu menentukan tiga
prasyarat yang bisa membuat konflik berkembang menjadi perilaku kekerasan
massa
|
|
21
|
|||
Dampak
Konflik Sosial
|
Disajikan 5
pernyataan, peserta didik diharapkan dapat memilih 3 pernyataan yang
merupakan dampak
konflik sosial yang sifatnya positif
|
|
22
|
|||
Pemetaan,
Dinamika, dan Penanggulangan Konflik Sosial
|
Peserta didik diharapkan
bisa menjelaskan model SIPABIO Amr Abdalla
|
|
23
|
|||
Diharapkan peserta didik
mampu mengidentifikasi penanggulangan konflik sosial
|
|
24
|
||||
Integrasi
Sosial
|
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik diharapkan dapat menentukan
faktor pendukung integrasi sosial
|
|
25
|
|||
|
1.3 Menganalisis hubungan
antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
|
Mobilitas
Sosial
|
Pengertian
Mobilitas Sosial
|
Peserta didik diharapkan bisa menguraikan definisi dan pemahaman
mengenai mobilitas sosial
|
|
26, dan 27
|
Karakteristik
Mobilitas Sosial
|
Peserta didik
diharapkan mampu menjelaskan karakteristik
mobilitas sosial
|
|
28
|
|||
Bentuk-Bentuk
Mobilitas Sosial
|
Disajikan gambar, pernyataan, dan contoh nyata
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi
berbagai bentuk mobilitas sosial
|
|
29, 30, 31, 32, 33, 34, 35, dan 36
|
|||
Faktor-Faktor
yang Memengaruhi Proses Mobilitas Sosial
|
Disajikan contoh dan pernyataan, peserta
didik diharapkan dapat menentukan faktor pendorong dan penghambat terjadinya
mobilitas sosial
|
|
37, 39 dan 40
|
|||
Disajikan 5 pernyataan, diharapkan peserta
didik dapat memilih 3 pernyataan yang termasuk faktor yang mempengaruhi
proses mobilitas sosial
|
|
38
|
||||
Media/agen/saluran
sosialisasi
|
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
jenis-jenis media/agen/saluran sosialisasi
|
|
41, 42, 44,
dan 45
|
|||
Disajikan contoh dalam kehidupan nyata,
diharapkan peserta didik bisa menyimpulkan hubungan status sosial dengan
unsur-unsur sosial lain
|
|
43
|
||||
Dampak
Mobilitas Sosial
|
Peserta didik diharapkan dapat
mengidentifikasi dampak positif dan
negatif mobilitas sosial
|
|
46, 47, dan 48
|
|||
Peserta didik diharapkan
mampu menguraikan jenis-jenis konflik
|
|
49, dan 50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar